Mega Aulia

indeks: bukan programmer tapi nekad

Iya, saya bukan programmer. Saya lulus dari SMA dengan jurusan IPS, kemudian kuliah jurusan desain. Setelah lulus jadi desainer grafis, sekarang pun mentok-mentok project manager. Tapi barusan saya membenahi akun GitHub saya (yang dibuat jaman dulu, lupa karena apa), dan browsing tutorial cara membuat situs statis menggunakan Hugo.

Hugo, Netlify, Jekyll, GitHub Pages, Eleventy, Gatsby, dan berbagai bahasa lainnya, saya nggak ngerti. Saya bahkan masih nggak ngerti apa itu deploy dan baru paham konsep commit push barusan banget. Dengan bahan dasar nol bahkan minus, cuma tahu html css tahun 2005, saya sebenarnya tidak dalam posisi ideal mengotak-atik hal tersebut.

Tapi saya pengen belajar bikin situs statis. Gratisan. Setelah lelah melihat dashboard wordpress yang terlalu kompleks dan malas mengelola self-host wordpress, greget sama google sites yang sekarang saya gunakan namun sangat basic, jadilah saya mencoba memahami. Walau start-nya salah dan seadanya.

Penasaran aja, bakal ngerti sampai mana. Sekarang? Pengertian saya sekadar buka terminal MacOS dan install brew. Gitu aja udah berasa mejik.

Yah, Kalaupun ujungnya tetep nggak ngerti, minimal otak udah diajak lari.

hari 1 - beli domain, bikin repo di github

hari 2 - menuliskan pertanyaan yang muncul

hari 3 - ssg pada dasarnya mudah untuk programmer dan bukan awam


Reply via email

#github #hugo #learning